Cara membuat sirup lemon jahe dingin


Sudah cukup lama pengen coba resep 'lemon ginger tea' alias.. apa ya dalam bahasa indonesia nya? es lemon jahe kali ya? Resep minuman sederhana ini agak unik, di negeri kita biasanya si jahe jarang disandingkan dengan lemon apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Biasanya ya kalo gak jadi wedang jahe, bandrek, campuran susu, kopi, ato skoteng.

Untuk membuat minuman ini resepnya sederhana yaitu jahe, lemon, gula, atau boleh juga ditambah madu. Browsing-browsing cari resep yang cocok di youtube, nemu beberapa resep. Berikut resep yang aku pilihkan kali aja pembaca kokilaki ada yang mau coba juga dirumah, katanya sih minuman ini cocok diminum saat hari puanas, bikin nyes..nyes.. gimannaa.. gitu :D

Resep yang aku pilih diambil dari youtube, ni orang india yang buat. Dia buat konsentrat lemon jahe, sejenis sirup jadi bisa disimpan dilemari es, kalau mau buat tinggal tambahkan air atau soda. Berikut detail resepnya:

Bahan
  • 3/4 gula pasir
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas jus lemon dari 10 butir lemon
  • 1/4 gelas jus jahe atau sesuai selera
  • madu secukupnya sebagai pelengkap
 Cara membuat
  1. Campurkan gula pasir dan air dalam panci saus, panaskan menguunakan api sedang sampai gula larut dan cairan agak mengental. Jangan sampe meng-karamel ya gulanya.
  2. Setelah agak kental, matikan kompor dan angkat panci. Tambahkan jus lemon terakhir jus jahe. Aduk rata, panaskan sekitar 5 menit dalam api sedang sambil diaduk sampai semuanya larut.
  3. Matikan kompor tunggu hingga larutan dingin, simpan di dilemari es. Sirup lemon jahe ini gak pake pengawet jadi baiknya disimpan di tempat tertutup dalam lemari es.
Cara penyajian

Ambil campuran sirup 1/4 gelas, tambahkan 1-2 sendok madu jika mau. Masukan es batu terakhir tambahkan air atau soda. Aduk rata, sajikan dengan es dan minuman segar lemon jahe pun siap dinikmati.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment